Apabila Anda adalah pengguna Google Chrome, mungkin pernah mengalami masalah ketika halaman awal bukan lagi Google, melainkan Yahoo Search. Hal ini bisa terjadi ketika mesin pencari default berubah secara otomatis. Meskipun Yahoo Search dulu sangat populer, namun sekarang kepopulerannya kalah dengan Google Search.

Tentu saja, bagi pengguna Google Chrome yang terbiasa menggunakan Google sebagai mesin pencari utama, akan merasa tidak nyaman ketika harus menggunakan Yahoo Search. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan cara mudah untuk menghilangkan Yahoo Search dan menjadikan Google sebagai mesin pencari utama di Google Chrome pada laptop atau komputer.

Cara Menghilangkan Yahoo Search di Google Chrome


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan Yahoo Search dari aplikasi Google Chrome. Berikut ini cara menghilangkan Yahoo Search di Google Chrome:
  1. Buka aplikasi Google Chrome terlebih dahulu.

  2. Klik pada tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas lalu pilih setelan atau settings.

  3. Klik pada bagian search engine.

  4. Pada bagian "Search engine used in the address bar", pilih Google jika ingin menjadikan Google sebagai mesin pencari utama di aplikasi Google Chrome.

  5. Jika ingin menghapus Yahoo Search di Google Chrome, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Lakukan langkah yang sama seperti di atas, yaitu klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas kemudian pilih setelan atau settings.
  • Klik pada bagian "Manage search engine".
  • Klik pada tanda titik tiga pada bagian Yahoo Indonesia lalu pilih "Remove from this list".

Cara Mengatur Google Chrome Sebagai Default Browser

Selain menghilangkan Yahoo Search di Google Chrome, Anda juga bisa mengatur Google Chrome sebagai default browser di perangkat Anda. Berikut ini cara mengatur Google Chrome sebagai default browser:

  1. Klik pada tombol Start pada layar desktop Windows 10.

  2. Buka aplikasi Settings.

  3. Pilih Apps.

  4. Pilih Default Apps.

  5. Pada bagian Browser, pilih Google Chrome.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa menghilangkan Yahoo Search dan menjadikan Google sebagai mesin pencari utama di Google Chrome, serta mengatur Google Chrome sebagai default browser di perangkat Anda.

Kesimpulan

Meskipun Yahoo Search dulu sangat populer, namun sekarang kepopulerannya kalah dengan Google Search. Oleh karena itu, bagi pengguna Google Chrome yang terbiasa menggunakan Google sebagai mesin pencari utama, tentu saja akan merasa tidak nyaman ketika harus menggunakan Yahoo Search.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara mudah untuk menghilangkan Yahoo Search dan menjadikan Google sebagai mesin pencari utama di Google Chrome pada laptop atau komputer, serta mengatur Google Chrome sebagai default browser di perangkat Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkannya.